Beragam Nama Bagi Sansevieria, Satu diantaranya Cukup Sadis

Nama lain sansevieria
Sansevieria Trifasciata, jenis sansevieria dengan daun tumbuh tegak ke atas dan ujung meruncing. Sumber: https://www.rumah.com/berita-properti/2016/7/130657/penyedot-udara-alami-untuk-rumah-anda

Nama Bagi Sansevieria, Satu Diantaranya Cukup Sadis – Beragam jenisnya, beragam manfaatnya, beragam pula namanya. Membicarakan tanaman yang satu ini memang tidak akan ada habisnya. Bentuknya yang cantik dan unik akan membuat siapa saja menyukainya. Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang ragam jenis dan ragam manfaat dari sansevieria. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang ragam nama yang disematkan pada sansevieria. Apa saja ya kira-kira? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Sansieveria – Lidah Mertua

Beberapa jenis sansevieria memiliki daun yang tumbuh tegak ke atas dengan ujung daun meruncing dan tajam. Salah satu jenis dengan ciri ini adalah Sansevieria trifasciata. Ujungnya yang runcing dan tajam digambarkan sebagai lidah para mertua yang kata-katanya tajam menusuk hati. Karena itulah sansevieria disebut sebagai tanama lidah mertua atau mother’s inlaw. Sebuah alasan yang cukup sadis bukan Kamu setuju tidak?

Sansevieria – Snake Plant

Dunia barat menyebut sansevieria dengan sebutan snake plant. Julukan ini diberikan lantaran banyak dari jenis sansevieria yang permukaan daunnya memiliki motif seperti kulit ular. Selain Sansevieria trifasciata, jenis lain dengan motif permukaan daun mirip ular adalah Sansieveria hyacinthoides.

Sansevieria – Tanaman Pedang-Pedangan

Bentuk daun yang tebal dan kaku, ujung meruncing dan tajam seperti mata pedang, menjadi alasan kenapa tanaman ini disebut dengan tanaman pedang-pedangan. Nama ini ditujukan pada tanaman jenis sansevieria yang daunnya tumbuh tegak ke atas. Sotyati dalam artikelnya yang berjudul ‘Sansevieria Naik Kelas Berkat Penelitian NASA’ menceritakan bahwa anak-anak di pulau jawa saat bermain kerapkali menggunakan sansevieria sebagai pedang-pedangan. Artikel tersebut telah diterbitkan di beritaharapan.com.

Sanseviera Grandiss, jenis yang dijuluki lidah sapi.
Sumber: https://www.flickr.com/photos/62515774@N08/10962877555

Sansevieria – Dracula’s Plant

Sansevieria adalah jenis tanaman CAM, Crassculacean Acid Metabolism. Artinya, sansevieria akan menyerap cahaya matahari pada siang hari. Cahaya tersebut kemudian disimpan untuk digunakan pada proses metabolism yang hanya dilakukan pada malam hari. Karena hanya aktif di malam hari, sansevieria kemudian dijuluki sebagai dracula’s plant.

Sansevieria – Lidah Sapi

Sansevieria grandiss adalah jenis sansevieria dengan ciri bentuk daun melebar dan tumbuh tegak ke atas. Khusus untuk jenis ini, orang Spanyol menyebutnya dengan sebutan lidah sapi. Hal ini dikarenakan bentuk daun yang melebar mirip lidah sapi.

Nama yang disematkan pada sansevieria cukup banyak, tidak hanya yang tertulis di artikel ini. Tiap negara, maupun tiap daerah di Indonesia memiliki julukannya sendiri. Seperti Ki Kikolo (Bandung), Mandalika (Madura), century plant, lucky plants dan African devil’s. Penamaan biasanya disesuaikan dengan bentuk dan warna daun.

Nah, itulah beberapa nama bagi sansevieria. Kalau kamu, lebih suka pakai nama yang mana?

53 Komentar

  1. Aku tau tanaman itu, ternyata namanya itu tho.
    Dulu di rumah mama selalu ada, ga ngeh kalo emang bermanfaat ya.

    Hihii, lucuu inii “Ujungnya yang runcing dan tajam digambarkan sebagai lidah para mertua yang kata-katanya tajam menusuk hati.”

    Untungnya mertuaku baik banget, gak kek gitu.

  2. Wah aku jadi tau tanaman ini punya banyak nama. Aku taunya ini lidah mertua atau mandalika. Malah baru tau kalau namanya di bandung jadi Ki Kikolo. Tapi liat daftarnya, iya ya namanya kok sadis – sadis bener

  3. Wah yang memang paling sadis menurut aku lidah mertua mbak hehe, memang lidah mertua agak runcing dan tajam. Aku jadi senyum sendiri baca artikelnya.

  4. Cara merawat dan menanam tanaman sansevieria ini sulit ngga ya?
    Bisa diletakkan di dalam ruangan juga ya
    Soalnya saya pemula urusan tanaman.

    • Tanaman lidah mertua ini unik mbak. Soalnya tanaman mudah tumbuh di mana saja. Di luar ruangan bahkan di dalam ruangan. Dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Terus tanamannya tidak rewel. Perawatannya mudah. Tanpa dirawat secara intensif pun tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

  5. Wah baru tahu nama latin dari lidah mertua adalah Sansevieria Trifasciata. Saya punya tanaman ini di rumah dan sudah cukup besar. Meski sadis tapi dia bagus tumbuhannya ya.

    Nenek saya suka menanam tumbuhan di pekarangan depan rumahnya, salah satunya yg Grandiss.

  6. Jadi fokus sama Lidah Mertua deh ah kenapa lidah mertua diindetikan dengan lidah yg tajam ya.. Sebagai menantu saya protes nih hahaha..soalnya mungkin beberapa tahun ke depan bakalan jd mertua ..hehe

    • Hahaha, Ia Kak. Memang seperti dihubung-hubungkan saja. Padahal kalau dari manfaat tidak ada hubungannya sama tanaman ini dengan mertua.

  7. Waaah beberapa waktu lalu saya punya tanaman sansivera. Tapi sayang ada yang buang dan malah nggak bisa diselamatkan lagi. Duuh sebel banget. Tapi masih punya sansivera jenis lainnya.

  8. Aku gak nanam ini sih tapi ibuku punya hehe. Namanya emang identik dengan lidah mertua ini kalau di Indonesia ya? Punya ibuku bisa gede2 seger gtu di rumah mbak 😀
    Tapi penasaran nih selain buat hiasan ada manfat apa lg ya?

  9. Di rumah kayaknya ada tanaman ini, ibuku yang senang bertanam. tapi kayaknya ga tau namanya deh hehehe… sering gitu tuh, dapet bibit dari mana aja ditanam tapi pas ditanya namanya apa enggak tau. 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*