Sansevieria, Tanaman Anti Polutan yang dapat Memperindah Ruanganmu

Tanaman Anti Polutan Banner
Rangkaian Sansevieria dalam pot semen. Sumber: Majalah Trubus edisi khusus: Sansevieria, 200 Jenis Spektakuler, 400 Foto (2008)

Tanaman Anti Polutan – Kualitas udara di dalam sebuah ruangan bisa saja lebih buruk dibandingkan di lingkungan luar atau alam terbuka. Sebab penggunaan perabot seperti kayu, AC, kulkas, dan bahan pembersih rumah tangga ternyata dapat menghasilkan racun yang tidak baik bagi kesehatan. Untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan bisa dilakukan dengan menanam sansevieria.

Mengapa Perlu Menanam Sansevieria di Dalam Ruangan?

Penelitian terhadap manfaat sansevieria sebagai penyerap racun dan polutan sudah banyak dilakukan. National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyatakan bahwa sansevieria dapat menyerap 107 jenis polutan. Wolverton Environmental Service membuktikan bahwa sansevieria dapat menyerap senyawa kimia berbahaya seperti benzena, klorofom, xylen, formaldehida, dan triklorotilen.

Benzena adalah senyawa kimia organik yang bersifat karsinogenik –merusak –. Benzena yang tehirup secara berlebihan dapat merusak paru-paru hingga menyebabkan kanker. Benzena ditimbulkan oleh asap rokok, tinta, minyak, asap bahan bakar, serta plastik dan turunannya.

Formaldehida adalah polutan yang sering ditemukan dalam ruangan. Formaldehida dihasilkan dari resin yang melapisi bahan konstruksi seperti kayu atau tripleks dan kerpet. Sumber formaldehida lainnya adalah produk berbahan kertas, produk pembersih rumah tangga seperti sabun mandi, deterjen, dan pembersih lantai. Formaldehida yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan juga dapat menjadi pemicu kanker.

Menanam Sansevieria dalam Ruangan

Sansevieria adalah tanaman yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan. Ia dapat tumbuh dengan optimal pada ketinggian 0-180 mdpl (meter di atas permukaan laut). Sansevieria dapat hidup dengan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Sebagai tanaman xeyrophyt – tumbuhan yang dapat beradaptasi pada lingkungan kering – sansevieria  tidak terlalu membutuhkan banyak air untuk pertumbuhannya. Perawatannya pun relatif mudah. Sansevieria yang minim perawatan sekalipun masih bisa tumbuh dengan baik.

Menanam sansevieria dalam ruangan dapat menggunakan pot dengan beragam variasi, tinggal disesuaikan dengan jenisnya. Aneka warna daun dan bentuk yang unik, menjadikan sansevieria sebagai tanaman hias yang dapat memperindah ruangan. Sansevieria dapat diletakkan di sudut-sudut ruangan apabila di tanam dalam pot-pot besar. Bisa juga dijadikan tanaman penghias meja jika ditanam di pot-pot kecil.

Media tanam untuk sansevieria haruslah bersifat porous, yaitu media yang memiliki pori-pori besar sehingga mudah menyerap air dalam jumlah banyak. Beberapa contohnya adalah sekam, sekam bakar, pasir malang, kompos, dan cocopeat. Media-media tersebut dapat dicampur. Salah satu alternatif campuran media yang dapat digunakan adalah campuran pasir malang dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1 atau 2:1.

Perawatan Sansevieria di dalam Ruangan

Perawatan sansevieria tidaklah terlalu rumit. Cukup pastikan kebutuhan akan cahaya, air, dan unsur hara terpenuhi. Sansevieria yang ditanam di dalam ruangan perlu dikeluarkan seminggu sekali untuk dijemur di bawah terik matahari secara langsung. Hal ini dilakukan agar warna daun tidak memudar.

Penyiraman dilakukan seminggu sekali. Penyiraman dilakukan dengan sprayer dengan menyemprotkan air pada daun atau cukup dengan penyiraman kabut. Kebutuhan unsur hara dapat dilakukan dengan memberikan pupuk cair organik dan vitamin B1. Merk pupuk yang dapat digunakan adalah dekastor, osmocote, dan magam. Lengkapi dengan pemberian pupuk daun Growmore, atonik dan bayfolan.

Tanaman Anti Polutan 1
Sansevieria Mini. Sumber: amazon.com/Mini-Sansevieria-

Sansevieria, Semakin Indah dalam Berbagai Kreasi

Selain ditanam di dalam pot, sansevieria dapat ditanam dalam kreasi lainnya. Merangkai aneka sansevieria dalam satu pot menarik untuk dilakukan. Selain dapat menghias sudut-sudut ruangan, rangkaian sansevieria dapat juga dijadikan hantaran lebaran atau natal.

Sanseiveria dapat ditumbuhkan dalam bentuk mini. Tampilan sansevieria mini juga tak kalah menarik dengan sansevieria yang berukuran normal. Dengan sedikit perlakuan pada saat tanaman mudah dapat menjadikan sanseviera tumbuh mini. Caranya dengan menanam stek atau bibit tanaman di dalam pot  berukuran kecil yang minim hara. Makanan yang sedikit atau terbatas dapat menjadikan tanaman tumbuh kerdil.

Mulailah Menanam Sansevieria Sekarang

Manfaatnya dalam menyerap polutan dan racun sudah dibuktikan. Keindahan ragam warna dan bentuk daunnya banyak digemari. Perawatannya yang mudah menjadikan siapapun dapat membudidayakannya, bagi pemula sekalipun. Alasan-alasan ini rasanya cukup menjadi alasan bagi kita untuk segera menanam sansevieria terutama di dalam ruangan. Demi lingkungan yang sehat, yuk menanam sansevieria, si Tanaman Anti Polutan!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*