Katanya Tanaman Eucalyptus Bisa Jadi Anti Virus Corona lho

Mengenal Tanaman Eucalyptus

Tanaman Eucalyptus Sebagai Anti Virus Corona – WHO sudah mengatakan bahwa kemungkinan virus corona (covid 19) akan terus ada. Karena hingga saat ini, vaksinnya belum bisa ditemukan. Namun, sejumlah tokoh dunia tetap mengusahakan untuk bisa membuat vaksin virus tersebut. Jadi, mari kita menunggu sambil terus mematuhi protocol kesehatan sebagai usaha membantu para pejuang di garda terdepan.

Lantas apakah kita hanya akan bergantung pada vaksin yang belum ditemukan itu?

Sepertinya nggak begitu. beberapa waktu lalu aku mendengar pihak Balai Besar Penelitian Veteriner, Bogor mengadakan penelitian. Mereka meneliti seberapa efektif tanaman eucalyptus mampu membunuh virus corona.

Wow. Ada apa dengan Eucalyptus? Benarkah dia bisa menjadi secercah harapan untuk umat manusia?

Jangan terburu menarik kesimpulan. Sebaiknya kita mengenal lebih jauh tentang tanaman Eucalyptus yang konon diklaim sebagai anti virus corona itu. Apa kandungan metabolit sekundernya? Dan bagaimana peranannya sehingga dikatakan sebagai anti virus untuk pandemic yang sedang terjadi saat ini.

Tanaman Eucalyptus adalah tanaman tahunan berbentuk pohon dengan tajuk yang jarang-jarang. Menurut laman Wikipedia bertajuk Eucalyptus menyebutkan bahwa tanaman ini berasal dari Australia dan memiliki lebih dari 700 spesies. Beberapa diantaranya bisa ditemukan di Negara kita.

Tanaman eucalyptus tumbuh baik pada tanah yang subur dengan topografi datar. Selain itu, tanaman ini menghendaki daerah yang waktu hujan tanahnya tergenang kemudian mengering (Rambakila, 2016)

Tanaman ini tidak tahan dengan suhu dingin. Mereka hanya tahan sampai dengan suhu -5℃.

Manfaat Tanaman Eucalyptus

Tanaman eucalyptus bisa dimanfaatkan kayunya sebagai kayu pertukangan, bahan baku pabrik kertas, kayu lapis, kosen dan sebagainya. Pohon eucalyptus ini baru dapat dipanen ketika berumur lima tahun.

Lantas, apakah hanya kayunya yang bisa dimanfaatkan? Nggak juga dong Geng! Selanjutnya kita bahas kandungan eucalyptus ya. Apa yang bisa kita ambil dari kandungan itu?

Kandungan Tanaman Eucalyptus sebagai Anti Virus Corona, Benarkah?

Selain dimanfaatkan kayunya, daun eucalyptus juga bisa diambil minyaknya dengan didistilasi kukus. Minyak ini dapat digunakan sebagai pembersih, pewangi, dan suplemen makanan dalam jumlah kecil, terutama permen. Wow banget ya manfaatnya.

Tahu nggak Geng? Minyak eucalyptus juga bersifat menolak serangga lho. Makanya kadang minyak ini juga digunakan sebagai bahan anti nyamuk.

Baru-baru ini para ilmuwan menemukan satu kandungan metabolit sekunder pada eucalyptus yang bisa digunakan untuk melawan virus covid 19. Apakah itu?

Namanya kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol). Menurut Kepala Balai Pengelola Ahli Teknologi Pertanian (BPATP) dalam keterangan resmi yang diberikan pada team CNNIndonesia, kandungan ini lebih berpotensi sebagai anti virus corona dibandingkan kandungan dari tanaman lain yang diujicobakan. Sehingga disimpulkan bahwa tanaman Eucalyptus sebagai anti virus corona.

Tentu saja, penggunaan sebagai pengobatan pada pasien masih membutuhkan study dan penelitian lebih lanjut lagi ya teman-teman. Apalagi katanya penggunaan secara langsung masih belum boleh dilakukan. Mengapa?

Karena eucalyptol ini akan lebih efektif jika digunakan sebagai inhealer. Dengan kata lain kita hanya bisa menghirup aromanya atau sebagai obat luar saja.

Kita tahu, pandemic ini memiliki efek yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Bagi mereka yang memiliki pekerjaan tetap dan nggak terdampak covid 19, mungkin lebih bersyukur bisa terus bekerja. Mereka hanya perlu mematuhi protocol kesehatan saja.

Sementara bagi mereka yang terdampak dan harus dirumahkan lebih parah lagi diphk, tentu saja harus memutar otak. Bagaimana nggak begitu? Kehidupan terus berjalan dengan atau tanpa penghasilan. Bantuan yang diharapkan kadang kala nggak sampai pada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Terakhir, kita hanya bisa berharap, pandemic ini segera bisa diatasi. Bagaimana pun caranya. Entah dengan vaksin yang ditemukan atau dengan pengobatan menggunakan minyak eucalyptol.

Teruslah bersemangat wahai kalian pejuang di garda terdepan. Indonesia nggak terserah kok. Aku tetap patuh pada protocol kesehatan juga memilih untuk nggak mudik. Demi meringankan beban kalian. Seenggaknya aku, salah satu penggagas blog sansiveragarden.com nggak akan bertemu kalian di ruang isolasi.

Jadi, apa pilihan kalian teman-teman? Patuh pada protocol kesehatan atau bercengkerama bersama para pejuang di garda terdepan di ruang isolasi?

Kalau team Sansivera Garden sih jelas memilih mendukung mereka dari rumah saja.

Sumber

Artikel Berjudul Manfaat Eucalyptus untuk Atasi 11 Masalah Kesehatan yang diterbitkan di web CNNIndonesia
Artikel Berjudul Eucalyptus yang ditulis di laman Wikipedia
Tugas Mata Kuliah Silvikultur Berjudul Deskripsi Eucalyptus spp. Yang ditulis oleh Andreas Benyamin Rambakila tahun 2016

About Yuni Bint Saniro 2 Articles
Nona Manis yang menyukai dunia menulis. Dia juga lulusan Pertanian dan sedang bekerja di sebuah Perkebunan Kelapa Sawit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*